Desain logo, branding, packaging : hello@donemars.com | +62 85 70 11111 07

 

Makna Warna dalam Logo

Jika kita melihat sebuah logo atau lambang, maka logo atau lambang tersebut tidak lepas dari arti atau makna-makna yang tersembunyi. Misalnya saja pada lambang negara Indonesia.

Dalam dunia design, macam-macam warna tersebut bisa diartikan dan mempunyai respon psikologi sebagai berikut:
  • Putih:
    Respon Psikologi: Warna suci dan bersih, natural, kosong, tak berwarna, netral, awal baru, kemurnian dan kesucian.
    Warna yang sangat bisa dipadukan dengan warna apapun.
  • Merah:
    Respon Psikologi: Power, energi, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya, berpendirian, dinamis, dan percaya diri. Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain:
    Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal. Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti ‘bahagia’ di budaya Oriental.
    Bisa berarti berani dan semangat yang berkobar-kobar.
    Singkatnya secara umum berhubungan dengan perasaan yang meledak-ledak.
    Warna merah mudah menarik perhatian dan meningkatkan nafsu.  Pada bisnis makanan banyak menggunakan warna dominan merah karena ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pembeli, contohnya lihat saja warna Pizza Hut, McD, KFC yang juga ada merahnya.
    Atau kalau untuk teks, warna merah pasti akan lebih menarik perhatian dibanding warna lain. Namun jika untuk background dengan teks hitam, akan membuat mata cepat lelah.
  • Hitam:
    Respon Psikologi: Ketakutan, Power, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Seksualitas, Kesedihan, Keanggunan, dan Independen, Berwibawa, Penyendiri, Disiplin, dan Berkemauan keras. Pada budaya barat warna ini melambangkan kematian dan kesedihan.
    Dicampur dengan warna keemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated).
    Warna ini juga bisa berarti menunjukkan hal yang tegas, elegan, dan eksklusif.
    Juga bisa mengandung makna rahasia.
  • Kuning:
    Respon Psikologi: Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan, pencerahan dan intelektualitas.
    Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu.
    Kuning adalah warna yang hangat.
    Cukup menarik perhatian dan sangat baik jika dijadikan background untuk teks hitam karena akan lebih mencolok terlihat.
  • Orange:
    Respon Psikologi: Energy, Keseimbangan, Kehangantan.
    Menekankan sebuah produk yang tidak mahal.
  • Biru:
    Respon Psikologi: Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan, Damai, menyejukkan, spiritualitas, kontemplasi, misteri, dan kesabaran. Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan tenang, terpercaya, ilmu dan wawasan. Warna ini sangat baik untuk menumbuhkan loyalitas konsumen. Bank-bank banyak menggunakan warna biru sebagai warna dominannya, demikian juga pendidikan. Contohnya Bank Mandiri, BCA, dll.
  • Hijau:
    Respon Psikologi: Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan, pertumbuhan, kesuburan, harmoni, optimisme, kebebasan, dan keseimbangan. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai. Banyak produk yang menekankan kealamian produk menggunakan warna ini sebagai pilihan.
    Untuk perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan eksplorasi alam, warna hijau banyak dipakai untuk menegaskan bahwa perusahannya berwawasan lingkungan. Warna ini termasuk yang banyak dipakai khususnya dengan kampanye yang berhubungan dengan lingkungan. Kemasan deterjen juga tidak sedikit yang menggunakan warna hijau.
  • Ungu:
    Respon Psikologi: Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan, Ramah, Romantis, dan Mandiri. Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam. Ungu adalah capuran warna merah dan biru.
    Menggambarkan sikap ‘gempuran’ keras yang dilambangkan dengan warna biru.
    Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus ke pengertian yang dalam dan peka.
    Bersifat kurang teliti namun penuh harapan.
  • Cokelat:
    Respon Psikologi: Tanah, Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan, Stabilitas, Bobot, Kestabilan dan Keanggunan.
  • Abu-abu:
    Respon Psikologi: Intelek, Masa Depan, Kesederhanaan, Kesedihan.

BERGABUNGLAH DENGAN FACEBOOK DONE MARS DENGAN KLIK TOMBOL LIKE

Br&nesia


We help clients define, create and curate the moments of interaction that are essential for brands to thrive, today and tomorrow. We have created a proprietary framework to assess brands holistically from a user perspective.

CED Building, Jl. Asem Kranji K7
Sekip Bulaksumur, Yogyakarta.

hello@donemars.com / +6285 70 11111 07
BBM : 58471CEE / Line : Done Mars
We Accept